Berikut ini media belajar materi virus biologi SMA kelas X yang dibuat menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).
"Virtual reality (VR) adalah teknologi komputer berkemampuan mendalam yang meniru lingkungan dan memungkinkan simulasi pengguna untuk hadir dan berinteraksi dalam lingkungan itu." (Lloyd, Rogerson, & Stead, 2017).
Mengapa menggunakan Virtual Reality?
Ada banyak teori pedagogis untuk mendukung penggunaan media interaktif seperti virtual reality:
- Situated learning
- Embodied interaction
- Immersion
- Active engagement
- Experiential learning
- Spatial Affordance
(Cambridge University Press ELT, 2018)
Apa kelebihan dari Virtual Reality?
- Tugas yang tidak mungkin dilakukan di dunia nyata
- Meningkatkan motivasi dan keterlibatan
- Pembelajaran yang kontekstual
- Pembelajaran kolaboratif yang efektif
Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menggunakan virtual reality?
Untuk bisa menggunakan virtual reality dalam kegiatan pembelajaran, diperlukan hardware dan software. Hardware yang digunakan berupa smartphone yang mendukung sensor gyroscope dan accelorometer serta kompatibel dengan VR Box atau Google Cardboard. Berikut ini contoh alat VR Box atau Cardboard :

Software yang saya gunakan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media virtual reality ini adalah aplikasi google VR atau yang lebih dikenal dengan nama google expedisi.
Apa itu google expedisi?
- Google Expedisi adalah platform VR yang dirancang untuk pendidikan.
- Dengan menggunakan Google Expedisi, kita dapat membawa siswa kita pada perjalanan virtual.
- Google Expedisi terdiri dari gambar 360 derajat beranotasi dengan deskripsi dan ditandai dengan tempat tertentu yang menarik yang disebut “spaces”.
- Aplikasi ini dapat membawa kita dan siswa kita ke tempat yang mungkin tidak bisa ditempuh karena kurangnya waktu, jarak geografis, dan masalah keamanan. Kita dapat membawa siswa kita dalam perjalanan virtual ke seluruh dunia, ke gunung, lautan, luar angkasa, di dalam tubuh manusia, museum, tanpa meninggalkan ruang fisik kita.
Bagaimana cara menyiapkan Google ekspedisi?
Untuk membangun perangkat kita sendiri, kita perlu akses jaringan wifi dimana guru dan siswa tersambung ke satu SSID wifi. Guru berperan mengatur atau mengendalikan aktivitas siswa ketika menggunakan VR melalui smartphone/tablet guru dengan mode guidance. Masing-masing guru dan siswa sudah menginstal aplikasi Google Expedisi.

Contoh kegiatan pembelajarannya seperti pada video di link berikut :
Media yang sudah saya rancang berupa content VR pada materi pokok virus. Kontent sudah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran serta kompetensi dasar dan indikator.
Berikut ini gambar tampilan dari perangkat guru dan siswa:




Penjelasan saya melalui youtube bisa dilihat disini:
Bagi yang mau mencoba LKPD yang saya buat bisa download disini:
Demikian gambaran umum mengenai media pembelajaran menggunakan Google Expedisi. Pada dasarnya media berbasis VR (virtual reality) merupakan media baru yang sedang trend saat ini. Penggunaan media ini diharapkan menjadi salah satu penunjang kegiatan pembelajaran berbasis digital dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0. Semoga bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Cambridge University Press ELT. (2018, April 19). A new perspective: Virtual reality and transmedia spherical video in teacher training [Video file]. Retrieved from https://youtu.be/DXDCUTLi6WY
Campbell, N.A., Reece, J.B., Urry, L.A., Chain, M.L., Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., & Jackson, R.B. (2011). Campbell Biology Ninth Edition. Pearson Education, Inc.
Claude A. Villee, ( 1988), Zoologi Umum, Jakarta: Erlangga.
D.A. Pratiwi, Maryati, S., Srikini, Suharno, Bambang S. (2007). Biologi SMA Jilid 1 untuk Kelas X . Jakarta : Erlangga.
Lloyd, A., Rogerson, S., & Stead, G. (2017). Imagining the potential for using virtual reality technologies in language learning. In M. Carrier, R. M. Damerow, & K. M. Bailey (Eds.), Digital language learning and teaching: Research, theory, and practice (pp. 222-234). New York, NY: Routledge.
Milgram, P., Takemura, H., Utsumi, A., & Kishino, F. (1994). Augmented reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum. In H. Das (Ed.), Proceedings of SPIE: Vol. 2351. Telemanipulator and Telepresence Technologies (pp. 282-292). Bellingham, WA: SPIE.
Sri Pujiyanto. (2008), Menjelajah Dunia Biologi 1 untuk SMA Kelas X SMA dan MA, Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
0 comments:
Post a Comment