Peranan TIK dianggap sangat penting dalam dunia pendidikan saat ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan TIK diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan kita. Salah satu cara pemanfaatan TIK adalah melalaui pembelajaran di kelas yang berbasis teknologi dan informasi. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis multimedia yang potensial dan mendapat perhatian besar dalam dunia pendidikan saat ini adalah Augmented Reality (AR).
Augmented Reality menurut Azuma, yang merupakan peneliti awal Augmented Reality, adalah teknologi yang menggabungkan konten virtual dan lingkungan nyata yang real time (Azuma, 1997). Dalam definisi yang lain Augmented Reality adalah sebuah sistem yang memungkinkan mengkombinasikan atau melengkapi obyek nyata dengan obyek virtual atau informasi yang ditumpuk diatasnya, sehingga obyek virtual seolah olah berada dalam ruang yang sama dengan dunia nyata (Azuma et al., 2001)
Matt Dunleavy and Chris Dede menyatakan bahwa terdapat dua bentuk Augmented Reality yang dapat digunakan oleh pendidik, yaitu location aware dan vision based (Michael, David, Jan, & M.J, 2014). Location aware - Augmented Reality menyediakan media digital untuk peserta didik ketika mereka bergerak melalui daerah fisik dengan smartphone yang dilengkapi fitur GPS atau perangkat seluler sejenis akan menampilkan informasi lingkungan fisik dengan narasi, navigasi, dan/atau informasi akademik yang relevan dengan lokasi. Sedangkan, vision based - Augmented Reality menyediakan media digital untuk peserta didik setelah mereka arahkan kamera pada perangkat mobile mereka pada objek (misalnya: kode QR, Target 2D).
Salah satu aplikasi Augmented Reality yang saya gunakan adalah HP Reveal. HP Reveal adalah aplikasi yang dapat ditemukan baik di ponsel pintar maupun perangkat pintar (serta komputer desktop, meskipun perangkat seluler berfungsi lebih baik secara fungsional). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur "aura" yang memicu gambar di belakang yang tersembunyi "overlay" (yang dapat berupa foto atau video, termasuk audio). Seorang pengguna mengatur pernyataan di HP Reveal Studio pada ponsel atau desktop sehingga aplikasi mengenali bahwa gambar tertentu adalah aura yang harus mengungkapkan foto atau video tersembunyi ketika dipindai. HP Reveal dapat diunduh secara gratis di perangkat seluler. Pengguna harus membuat akun dan kemudian dapat melakukan salah satu dari dua hal: membuat aura mereka sendiri atau memindai aura di daerah sekitarnya.

Gambar tampilan aplikasi Augmented Reality HP Reveal
Ada dua langkah yang penting untuk dipahami saat menggunakan HP Reveal. Pertama, untuk membuat aura, pengguna harus menekan tanda plus di sudut kanan atas. Sebuah kotak muncul yang meminta Anda untuk mengambil foto dari gambar pemicu yang Anda ingin membuat video atau foto tersembunyi di belakang. Ada indikator merah / kuning / hijau yang membantu di bagian atas yang memaksa Anda untuk membuat gambar yang cukup unik. Setelah Anda mengambil foto dari gambar pemicu Anda, HP Reveal meminta Anda untuk “Memilih Overlay.” Mereka menawarkan beberapa opsi ikonografi dasar, tetapi opsi “Perangkat” di tab kedua menawarkan banyak opsi fungsional yang lebih canggih. Di tab Perangkat, mereka dapat mengunggah video dari telepon mereka yang menjelaskan sesuatu tentang gambar, file audio, atau foto statis. Setelah siswa mengunggah video, mereka dapat memberi nama aura (saya sarankan mendorong penggunaan tagar kelas seperti #10ipa untuk membuat aura lebih mudah ditemukan) dan kemudian menyimpannya di folder pribadi atau publik mereka. Aura kemudian disimpan dan dalam beberapa saat akan hidup. Pada versi desktop, siswa juga dapat mengunggah model 3D sebagai overlay.

Gambar tampilan scaning dan hasil scan aplikasi Augmented Reality HP Reveal

Gambar siswa sedang menscan AR Card Protista yang mereka buat sendiri
Ingin mencoba Augmented Reality menggunakan HP Reveal dalam Kegiatan Belajar Mengajar? silahkan download Aplikasi dan LKPD Protista di bawah ini !
Link LKPD : https://s.id/lkpd-protista
Daftar Pustaka:
Azuma, R. (1997). A survey of augmented reality. Presence-Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385.
Azuma, R., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Julier, S., & MacIntyre, B. (2001). Recent advances in augmented reality. IEEE Computer Graphics and Applications, 21(6), 34–47.
Michael, S. J., David, M. M., Jan, E., & M.J, B. (2014). Handbook of Research on Educational Communications and Technology Fourth Edition. New York: Springe.
0 comments:
Post a Comment